Siti Sri Wulandari
Program Studi Pendidikan Ekonomi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri
Surabaya
Abstrak
Tujuan dari penelitian ini adalah
untuk meningkatkan nilai IPS
khususnya pada kompetensi dasar memahami kegiatan jual beli di
lingkungan rumah dan sekolah. Melalui penerapan model pembelajaran kooperatif
tipe STAD dengan metode bermain peran menunjukkan hasil belajar siswa pada
pelajaran IPS materi tempat jual beli pada siswa kelas III SD Islam Ababil
Sidoarjo meningkat. Hal ini dapat dilihat dari ketuntasan hasil belajar yang
meningkat dari siklus I, II, dan III, masing-masing 79.41%, 82.35%, dan 94.12%,
aktivitas guru dalam penerapan model kooperatif tipe STAD dengan metode bermain
peran pada materi pokok tempat jual beli mengalami peningkatan dari siklus
I,II,dan III, masing-masing 5.11, 5.75 dan 5.88, dan aktivitas siswa dalam
penerapan model kooperatif tipe STAD dengan metode bermain peran pada materi
pokok tempat jual beli mengalami peningkatan dari siklus I,II,dan III,
masing-masing 80%, 84% dan 90% .Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa hasil
belajar siswa pada pelajaran IPS materi pokok tempat jual beli kelas III di SD
Islam Ababil Sidoarjo dapat ditingkatkan melalui penerapan model kooperatif
tipe STAD dengan metode bermain peran pada materi pokok tempat jual beli
Kata Kunci: Bermain peran, kooperatif
tipeSTAD, hasil belajar
Selengkapnya klik di sini
Tidak ada komentar:
Posting Komentar